Minggu, 11 Maret 2012

Bahan Pakan dan Formulasi Ransum adalah salah satu mata kuliah yang penting dalam dunia peternakan.
Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Nutrisi Ternak Dasar. Mata kuliah ini diampu oleh Prof. Dr. Ir Ali Agus DAA DEA, Prof. Dr. Ir. Ristianto Utomo SU, Dr. Subur Priyono Samito Budhi, Cuk Tri Noviandi S.Pt, M.Anim.St, Andriyani Astuti S.Pt., M.Sc., . Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang jenis-jenis bahan pakan dan karakteristiknya. Setiap bahan pakan tergolong dalam kelas yang berbeda-beda sesuai dengan sifat penyusun maupun karakteristik fisik dari bahan tersebut.

Secara umum penggolongan bahan pakan ada 8 kelas, diantaranya hijauan segar, hijauan kering dan jerami, silase, bahan pakan sumber protein, bahan pakan sumber energi, mineral, vitamin dan bahan pakan aditif. Penggolongan ini berdasarkan pada karakteristik fisik dan sifat penyusun bahan pakan tersebut.
Mata kuliah ini juga mempelajari kandungan kimia penyusun bahan pakan. Nutrien yang diukur antara lain; protein, lemak, serat kasar, abu, bahan kering atau kadar air. Pengetahuan mengenai nutrien ini merupakan jembatan untuk memformulasikan ransum pakan ternak. Terdapat metode yang umum digunakan dalam memformulasikan ransum, namun dalam mata kuliah ini secara garis besar mempelajari pearson square method.

Lebih lanjut mengetahui bagaimana perkuliahan bahan pakan dan formulasi ransum dapat didownload materi kuliah bahan pakan dan formulasi ransum.

0 komentar:

Posting Komentar